Friday 9 June 2006

Kursus Menulis untuk Associates 1: Resensi dan Sinopsis

Pada tanggal 29 Januari 2006 yang lalu, para associates KAIL mendapatkan pelatihan sehari seputar tulis menulis yang pertama. Isi pelatihan menulis kali ini adalah Seputar Resensi dan Sinopsis. Sebagai pemberi materi, Ari Ujianto, associate KAIL yang saat ini bekerja di Urban Poor Linkage di Jakarta.

Acara dimulai dengan tugas membaca dua tulisan mengenai buku Water Wars dan Jalan Daendels. Para peserta diminta membaca baik-baik kedua tulisan tersebut dan membedakan antara keduanya. Dari berbagai ciri yang disebutkan para peserta, disimpulkan bahwa tulisan mengenai Water Wars adalah sinopsis sementara tulisan mengenai Jalan Daendels merupakan resensi.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai apa itu resensi dan apa itu sinopsis. Penjelasan dimulai dari isi dan struktur sampai ke tips-tips praktis. Penjelasan tersebut diseling dengan tanya jawab dan diskusi.

Sebagai kelanjutan dari acara ini, para peserta sepakat untuk membuat acara bedah buku sebulan dua kali. Dalam setiap acara, satu orang peserta akan mempresentasikan resensi atau sinopsis buku yang dibacanya. Setidaknya 10 orang peserta berkomitmen untuk mengikuti acara ini sepanjang tahun 2006.

Bagi mereka yang berminat untuk mengikuti acara bedah buku ini, silakan menghubungi Hilda Lionata (Oda) yang merupakan koordinator acara ini.

No comments:

Post a Comment