Tuesday 10 October 2006

Serial Pelatihan untuk Nelayan Ikan Hias di Bali

Pada bulan Juni – Oktober 2006, beberapa staff dan associates KAIL terlibat dalam serial pelatihan Membangun Kehidupan Pesisir yang Berkelanjutan di Buleleng, Bali. Serial pelatihan ini diselenggarakan atas undangan YPB (Yayasan Pembangunan Berkelanjutan) yang memiliki program untuk peningkatan ekonomi bagi kelompok nelayan ikan hias di Buleleng.

Serial pelatihan ini dimulai pada minggu keempat bulan Juni dan dilakukan selama 4 kali setiap akhir bulan. Setiap bulan, diambil tema yang berbeda, mulai dari: Memahami Masalah Kehidupan Nelayan di Buleleng, Memahami Aspek Lingkungan dan Kebijakan seputar Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut, Perencanaan Kegiatan, Negosiasi dan Pengambilan Keputusan serta Komunikasi Publik.

Pelatihan ini diikuti oleh berbagai pihak terkait dengan pengelolaan pesisir dan laut di Buleleng dari 4 desa. Fokus pelatihan ini adalah untuk para pelatih. Artinya setelah selesai pelatihan, para peserta diharapkan untuk menyebarkan apa yang telah diperolehnya selama pelatihan kepada masyarakat dan minimal mempengaruhi program-program yang dilakukan di kelompok nelayan masing-masing. Setiap desa mengirimkan 10 orang, sehingga total jumlah peserta menjadi 40 orang. Pelatihan dibagi menjadi 2 gelombang pada dua pelatihan pertama dan menjadi satu pada dua pelatihan terakhir.

Tindak lanjut dari pelatihan ini akan dilakukan oleh masing-masing kelompok dengan didampingi oleh LSM PILANG atas kerjasama dengan YPB.

No comments:

Post a Comment