Tuesday 10 October 2006

Associates KAIL ikut Young Social Entrepreneur Program

Dua orang associates KAIL terpilih untuk mengikuti Program Young Social Entrepreneur (Kewirausahaan Sosial Muda) yang diselenggarakan oleh Ashoka Indonesia. Mereka adalah Michael Zakarias (Mike) dan Yulia Nadya (Nana), masing-masing untuk inisiatif mereka membuat program pengembangan diri untuk remaja usia SMA melalui kelompok Mitra Orang Muda (MOM, Mike) dan pendidikan konservasi untuk pencinta alam melalui kelompok Daun Muda (Nana).

Program ini berlangsung selama enam bulan, mulai dari bulan Juni 2006 sampai awal Januari 2007. Program ini dibuka dengan Pelatihan Kewirausahaan Sosial pada bulan Juni 2006 yang dilanjutkan dengan magang selama sebulan di organisasi-organisasi di bidang yang terkait dengan inisiatif yang akan mereka lakukan dengan didampingi oleh para fellow Ashoka sebagai mentor. Dalam pelatihan ini para peserta diperkenalkan dengan karakter-karakter dan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang wirausahawan sosial. Sementara itu melalui program magang, para peserta diharapkan dapat belajar melalui pengalaman langsung berinteraksi dengan para wirausahawan sosial yang telah berhasil. Setelah itu, para peserta mengikuti Lokalatih Perencanaan Kegiatan pada bulan Agustus 2006. Dalam lokalatih ini, para peserta menajamkan rencananya berdasarkan alat analisis yang diberikan dan masukan-masukan dari mentor masing-masing. Rencana ini kemudian diterapkan mulai bulan Agustus dan dievaluasi pada lokakarya Evaluasi dan Pelatihan Komunikasi Publik pada bulan Januari 2007. Setelah kegiatan ini, para peserta diharapkan menyebarkan gagasannya dan program YSE ini ke publik dengan memanfaatkan media-media yang ada.

Program ini diselenggarakan setiap tahun oleh Ashoka Indonesia. Jika tertarik mengikuti program ini, silakan menghubungi: Lisa Ekawati (ashokaindonesia@bdg.centrin.net.id)


No comments:

Post a Comment