Sunday 11 February 2007

Pelatihan Peta Masalah untuk Jaringan HIV

Pada tanggal 15-17 Januari 2007 di Jakarta, tim KAIL (4 orang) berkesempatan berbagi pengetahuan tentang pembuatan Peta Masalah pada kelompok jaringan teman-teman yang terdampak HIV (biasa dikenal dengan ODHA). Ada sekitar 30 orang peserta dari berbagai wilayah di Indonesia hadir untuk bersama-sama menganalisis persoalan seputar HIV/AIDS dengan menggunakan peta masalah. Peserta kemudian dibagi dalam 3 kelompok. Di dalam kelompok mereka membuat peta masalah dari persoalan informasi, pemberdayaan, dan stigmatisasi.

Di akhir sesi, peserta mencoba mengidentifikasi paradigma mereka, yang ternyata merupakan paradigma reformis. Sebagian dari mereka menghendaki pergeseran paradigma menuju transformatif/radikal, tetapi sebagian takut atau merasa nyaman dengan paradigma yang sekarang.

Kemudian, bersama-sama dibahas tentang advokasi: pengertian, bentuk, dan langkah-langkahnya. Sebelum pulang, mereka mencoba merencanakan langkah ke depan dari pertemuan mereka, yang merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan mereka tentang jaringan di Bali akhir tahun lalu. Akankah kelompok ini menjadi sebuah kelompok atau sekedar kumpulan orang-orang yang kebetulan terdampak HIV dan saling kenal? (ID)

No comments:

Post a Comment